JASA LAYANAN AQIQAH MALANG 2023 : PAKET DAN BIAYA MURAH

Permintaan Jasa Aqiqah Malang di tahun 2023 ini kian naik. Dan itu wajar. Malang adalah kota terbesar kedua di jawa timur. Itu artinya ada pusat bisnis yang masif di Malang. Pendatang datang untuk mengadu nasib. Termasuk mahasiswa. Beberapa dari mereka bertahan di kota yang dulu dikenal sejuk ini. Penduduk semakin ramai. Harga Paket Aqiqah Malang 2023 dari balibul Aqiqah Malang Tetap terjangkau. Di balik itu, segala jenis permintaan akan barang dan jasa jadi berlipat. Termasuk aqiqah tersebut.
aqiqah malang

Pengertian aqiqah menurut bahasa dan istilah yang paling sederhana adalah memotong. Memotong ini bisa berarti menyembelih hewan ternak dan memotong rambut si bayi.  Dengan demikian, menurut syariat islam aqiqah merupakan bentuk ibadah dengan penyembelihan hewan ternak karena lahirnya seorang anak sebagai pembuktian rasa syukur pada Allah SWT. Jadi makna aqiqah yang utama adalah ucapan rasa syukur, bukan kegiatan berfoya-foya.

Dalil Atau Hukum Aqiqah
Hukum aqiqah bersifat sunnah muakkad. Jadi termasuk sunnah yang diwajibkan. Wajib bagi orangtua yang mampu secara materi untuk menyelenggarakan aqiqah anaknya. Waktu aqiqah ini dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Dalil aqiqah ini sesuai dengan hadist nabi. Seperti berikut.
عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى
Dari Samurah ibn Jundub RA, sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda,” Setiap anak yang baru lahir tergadai dan ditebus dengan aqiqah yaitu disembelih aqiqah itu untuknya pada hari ketujuh lalu dicukur dan diberi nama.”

Lalu apa aqiqah tidak bisa dilaksanakan setelah dewasa?
Memang beberapa hadist seperti HR. Baihaqi juz 9, hal. 303 mengatakan jika waktu pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ke tujuh kelahiran anak. Apabila sudah terlewat maka boleh dilaksanakan pada hari ke empat belas atau pada hari ke dua puluh satu. Namun pelaksananya bisa ditangguhkan jika orang tua belum mampu. Bahkan ada sebagian ulama yang menyebutkan jika seseorang boleh melaksanakan aqiqahnya sendiri saat ia dewasa.
عَنْ اَنَسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ النُّبُوَّةِ. البيهقى 9: 300
Dari Anas RA bahwasanya Nabi SAW ber’aqiqah untuk dirinya sesudah beliau menjadi Nabi”. [HR. Baihaqi juz 9, hal. 300, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi bernama ‘Abdullah bin Muharrar]

Dari sini kita jadi mengetahui jika batas waktu aqiqah itu tidak kaku harus dilakukan pada usia masih bayi. Islam memberikan kelonggaran dan paham jika tidak semua manusia terlahir dengan banyak uang. Apalagi harga kambing sekarang semakin mahal.

Bagiamana tata cara aqiqah yang benar?
Tata cara Aqiqah yang lazim adalah menyembelih kambing atau domba. Untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Dan sebetulnya  tidak menjadi soal apakah jenis kelamin kambingnya jantan atau betina. Meskipun orang-orang lebih senang dengan kambing jantan.

Yang harus diperhatikan justru pada pemilihan kambingnya. Setidaknya ada beberapa hal seperti usia kambing, pastikan kambingnya sempurna atau tidak cacat dan masih banyak lagi. Jadi jangan tergiru dengan harga murah. Kalau kambingnya tidak sehat ya percuma. Dan yang mesti di ingat adalah menurut pendapat ahli fiqih Islam, daging hewan akikah sebaiknya dibagikan setelah dimasak. Anda dapat mengolah daging aqiqah dengan cara dipanggang seperti sate atau dibuat menjadi masakan berkuah seperti gulai. Namun jenis masakan ini terlalu monoton, tidak variatif dan membosankan.

Lalu kambingnya diolah masakan jenis apa?
Jawabnya banyak. Yang menjadi repot adalah daging kambing tidak mudah dimasak. Oleh sebab itu kita perlu memanggil koki yang ahli memasak. Tentu ada upah kusus memasak kambing aqiqah ini. Namun biaya upah ini tidak terlalu besar. Besaran upah ini juga berbeda-beda untuk tiap daerah di Indonesia. Di malang, biasanya berkisar antara 150-200 ribu.

Dengan menyewa juru masak anda bisa mendapatkan beragam olahan kambing. Bisa Rendang kambing, Tongseng, Krengseng,Tengkleng, Kambing goring hingga Kambing guling. Semua paket aqiqah ini biasanya disajikan dalam 2 jenis sajian yaitu sajian yang disantap di tempat dan dus akikah yang dibawa pulang. Dalam acara slametan aqiqah di Malang, para tamu diberikan 1 piring gulai atau sate dan nasi putih. Dan untuk dibawa pulang biasanya dalam bentuk dus.
Jika ingin terlihat lebih modern, Anda dapat memesan menu prasmanan aqiqah sesuai dengan budget dan jumlah sajian yang ingin dihidangkan saat aqiqah. Cara penyajian ini terlihat lebih mewah. Juga tidak mengesankan jika anda orang yang terlalu hemat.

Tidak mau repot? Pesan paket catering aqiqah
Kami adalah penyedia jasa aqiqah yang berada di kota Malang. Anda bisa mendapatkan beberapa menu pilihan yang bisa pilih. Saat ini, di Malang yang sedang trend adalah Menu Nasi Kebuli Aqiqah.  Memang masyarakat lebih mengenal catering untuk acara atau pesta pernikahan/perkawinan saja. Namun aqiqah pun juga dirasa perlu untuk pesan catering sebab terlalu repot jika harus memasaknya sendiri. Belum lagi untuk proses menyembelih kambingnya. Untuk harga catering cukup bervariasai. Bisanya terdiri dari nasi putih, nasi kebuli atau nasi olahan lainnya, sambal goreng kentang, acar dan masih banyak lagi menu lainnya.

Dan catering aqiqah kami juga tidak melulu berurusan dengan makanan berat. Kami juga menyediakan Jenis kue basah atau kering sebagai menu tambahan untuk proses kenduri aqiqah. Yang sering jadi permintaan pelanggan kami adalah donat, pastel, lemper, risoles, dan jajanan pasar lainnya. Meskipun sederhana, namun adanya jajanan tersebut membuat anak-anak senang memakannya. Jadi sangat pas untuk diletakkan di dalam besek atau berkat aqiqah.

Harga Jasa Aqiqah Kami berapa?
Lagi-lagi ini tergantung dengan jenis pesanan anda apa dan jenis kambingnya apa. Jika anda memesan kambing etawa pasti lebih mahal dari kambing jawa yang berukuran standart. Nmaun yang jelas kami menyediakan domba dan kambing berkualitas dan memenuhi syarat sesuai i Syar'i. Sistem Pembayaran Aqiqah kami juga sangat memudahkan konsumen. Kami menerima pembayaran melalui Transfer Bank atau setelah pesanan diantar (Cash On Delivery).

Selain itu kami juga siap menyalurkan daging aqiqah kepada orang yang benar-benar membutuhkan seperti anak-anak di Panti asuhan, Pondok Pesantren atau sesuai rekomendasi dari Konsumen. Dan kami menjamin jika Petugas Aqiqah kami akan mengantarkan pesanan kerumah Anda dengan tepat waktu.

Masih Kurang?
Kami juga menyediakan souvenir dan dokumentasi jika memang dirasa anda perlu memakai jasa kami ini. Semua layanan aqiqah kami sengaja diciptakan untuk mempermudah masyarakat malang menjalankan salah satu ibadah sunah ini. Layanan aqiqah kami tidak kalah dengan tempat aqiqah lain di Malang.

Cara Pesan dan Tempat Aqiqah Malang
Untuk melakukan pemesanan cukup mudah. Anda tinggal menghubungi CS kami untuk mengetahui info lebih detail mengenai semua layanan aqiqah di tempat kami. Jika masih kurang meyakinkan silahkan and datang langsung ke tempat kami dijalan. Anda bisa datang pada saat jam operasional kantor.

Pesan Aqiqah? Hubungi: 

Klik WA-0822-4568-0558



Related Post

2 komentar:

  1. I wanted to express my heartfelt gratitude for sharing your remarkable blog post with me. Reading it was an absolute pleasure, and I found myself captivated by the depth of knowledge and wisdom you conveyed. Your insights were truly inspiring and have left a lasting impact on me.
    virginia online divorce

    BalasHapus
  2. The engaging content keeps readers hooked, and the potential discovery of a valuable website adds to its appeal. Thank you for sharing this informative piece! The meticulous research and impressive writing style have truly captivated me. Your work is commendable, and the wealth of information provided is fantastic. This insightful and wonderful post deserves my heartfelt appreciation. Thank you for enriching my knowledge
    New Jersey Reckless Driving

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel