BIAYA AQIQAH CATERING MALANG

Mau layanan aqiqah malang dengan kambing bagus tapi biaya murah ? pesan paket ini

Layanan aqiqah di Malang tahun 2022 ini semakin ramai, maklum permintaan jasa aqiqah juga tinggi. Namun, bermunculanya tempat aqiqah ini tidak lantas membuat kualitasnya semakin bagus juga.

Kadang hanya ada yang kejar setoran, pokok laku, harga diturunkan namun pelayanan mengecewakan.

Masakan tidak enak, dan kadang kita tidak mengetahui kambing yang disembelih bagus atau tidak. Sebab sering kali, pemesan jasa aqiqah tidak melihat sendiri proses penyembelihan.

Tata cara memilih kambing yang baik untuk aqiqah

Dari riwayat hadist yang sering kita dengar, memang disebutkan bahwa hewan aqiqah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad adalah kambing. Kalau di Arab Saudi sana, jenisnya adalah domba, kibsy, atau gibas yang berwarna putih.
Jadi kambing yang digunakan untuk aqiqah tidak melulu kambing Jawa atau PE. Bisa gibas. Mungkin bagi sebagian kalangan yang fanatik memesan kambing jawa ini terasa kurang sreg.
Namun anda juga harus memikirkan masalah harga.
Untuk kambing jawa hidup kelas A harganya Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta. Normalnya memiliki bobot 40 kilogram ke atas. Untuk kelas B dengan bobot 25 sampai 35 kilogram memiliki harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, sementara kelas C dengan bobot 20 sampai 25 kilogram harganya Rp 1,8 juta sampai Rp 2,2 juta.
Dan harga kambing gibas lebih murah dari harga tersebut. Selain itu, daging jenis kambing ini jika di bakar untuk sate, teksturnya cenderung tidak alot. Terasa empuk bahkan buat mereka yang giginya tinggal dua.

1.     Apa harus selalu kambing jantan ?

Beberapa kalangan, menganggap bahwa tidak boleh aqiqah dengan kambing betina. Namun, pendapat yang wajib diikuti bagi umat Islam bukanlah pernyataan orang melainkan Hadist Nabi dan Al Qur’an. Lalu apa apa sabda Nabi tentang aqiqah dengan kambing betina ini ?

Jawabanya boleh saja berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Hal ini seperti dijelaskan pada ayat berikut.

عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ لَا يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَمْ إِنَاثًا

Anak laki-laki hendaklah diaqiqahi dengan 2 kambing, sedangkan anak perempuan dengan 1 kambing. Tidak mengapa bagi kalian memilih yang jantan atau betina dari kambing tersebut.” (HR. An Nasai no. 4222 dan Abu Daud no. 2835. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Jadi berdasarkan hadist tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum aqiqah kambing betina adalah boleh, tidak dilarang. Kalau anda merasa berat untuk membeli kambing jantan karena harga yang relatif lebih mahal, bisa pilih yang betina.

2.     Kambing yang di gunakan aqiqah apa harus 2 untuk anak laki-laki ?

Menurut hadis dari 'Amr bin Syu'aib disebutkan bahwasanya :

"Barangsiapa di antara Anda yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka inginlah menyembelih dua kambing untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan satu kambing untuk bayi perempuan ." [Hadis Riwayat Abu Dawud, Nasa'i dan Ahmad]

Hadits tersebut menjelaskan jika tata cara pelaksanaan aqiqah bagi anak laki-laki itu 2 ekor kambing.

Akan tetapi,

Apabila kondisi keuangan umat muslim yang akan melakukan aqiqah tidak mencukupi untuk membeli 2 ekor kambing pada kelahiran anak laki-laki, maka cukuplah membeli 1 ekor kambing saja.

Yang penting niatnya ikhlas, semata-semata sebagai rasa syukur atas kelahiran sang anak, dan bukan ingin pamer pada tetangga.

Kalau ingin pamer sekalian yang buat aqiqah sapi atau unta. Biar anti mainstream.

3.     Memang bisa aqiqah memakai selain kambing ?

Untuk hewan aqiqah selain kambing, misalnya unta atau sapi, para ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan boleh beraqiqah dengan sapi atau unta, ada yang berpendapat tidak boleh.

Tetapi pendapat yang mengijinkan menyembeli sapi untuk aqiqah terbilang lemah sebab  :

1. Hadist-hadist yang memperlihatkan keharusan aqiqah dengan kambing semuanya shahih
2. Hadist-hadist yang menguatkan pendapat dibolehkannya aqiqah dengan menyembelih hewan selain kambing adalah hadist yang talif saqith alias dha’if.

Jadi untuk main aman, sebaiknya pilih kambing saja. Kalau anda sudah terlalu kaya, atau tamu undangan terlalu banyak. Silahkan tetap menyembelih kambing untuk aqiqah, sementara daging sapi disuguhkan untuk menjamu tamu yang lain atau yang alergi daging kambing.

4.     Persyaratan Kambing Aqiqah Berbeda Dengan Kambing Kurban (Idul Adha)

Beberapa pendapat dari Imam As-Shan’ani, Imam Syaukani, dan Iman Ibnu Hazm menyebut jika kambing aqiqah tidak disyaratkan harus mencapai umur tertentu.
Kambing tersebut juga tidak wajib sempurna. Artinya, hewan yang sedikit cacat bisa digunakan. Berbeda dengan  kambing Idul Adha yang tidak boleh dikurbankan dalam keadaan cacat.

Imam Syaukhani dalam kitabnya “Nailul Authar” (6/220) berkata : “Dan saya tidak pernah mendengar seorangpun mengatakan samanya persyaratan antara hewan kurban (Idul Adha) dengan pesta-pesta (sembelihan) lainnya. Oleh karena itu, jelaslah bagi kita bahwa tidak ada satupun ulama yang berpendapat dengan qiyas ini sehingga ini merupakan qiyas yang bathil.”

Hal ini juga diperkuat oleh Imam Ibnu Hazm dalam kitabnya “Al-Muhalla” (7/523) yang mengatakan jika : “Orang yang melaksanakan aqiqah dengan kambing yang cacat, tetap sah aqiqahnya sekalipun cacatnya termasuk kategori yang dibolehkan dalam kurban Idul Adha ataupun yang tidak dibolehkan. Namun lebih baik kalau kambing itu bebas dari catat.”

Jadi jelas bahwa kambing dengan sedikit cacat masih di pakai sebagai aqiqah. Mungkin yang di larang itu adalah kambing yang cacat mental, yang habis di cium sama anjing gila. Jenis kambing ini perlu di bawa ke psikiater dulu sebelum di santap.
***

Dan itulah beberapa aturan mengenai perkambingan yang bisa atau tidak bisa digunakan untuk aqiqah. Ingat juga, pemilihan jenis kambing, besar kecilnya tergantung pada budget dan tamu undangan anda.

Tidak perlu terlalu memaksa mengadakan aqiqah yang mewah sebab mayoritas (jumhur) ulama setuju jika hukum aqiqah adalah sunnah muakad. Yaitu sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Majelis Ulama Indonesia juga mengamini mengenai hukum pelaksanaan aqiqah yang bersifat sunnah ini. Meski begitu, ada sebagian kecil kelompok, terutama kalangan Zhahiriyah, yang menyatakan bahwa aqiqah adalah wajib.

Dan kalau anda bersikukuh ingin melaksanakan aqiqah namun kondisi keuangan cukup tipis, bisa memilih paket aqiqah dari balibul yang paling murah.


Namun jangan anggap paket termurah ini akan otomatis tidak enak atau kualitas layananya tidak bagus.

Daging kambing kami aman sebab berasal dari hewan yang sehat. Tidak mengandung penyakit dan residu yang dapat menyebabkan penyakit atau mengganggu kesehatan manusia. Tidak ada infeksi bakteri dan virus dari Salmonella sp, Shigella sp, Bacillus anthracis, atau Clostridium perfringens.

Daging hewan aqiqah berasal RPH resmi Kota Malang. Sehingga dijamin 100% syar'i karena diawasi oleh dinas terkait. Dan setiap paket aqiqoh otomatis disisihkan Rp 25.000 untuk program yatim berdaya melalui lembaga zakat PKPU.

Pesan paket Aqiqah di Malang

Apabila anda ingin pesan paket Aqiqah dengan biaya aqiqah yang terjangkau, silahkan hubungi Customer service aqiqah balibul, Bisa Hubungi Nomer Whatsapp, Silakan Klik WA-0822-4568-0558 atau datang langsung ke tempat aqiqah balibul di Malang untuk info yang lebih lengkap.


Related Post

5 komentar:

  1. it was a great information . i was so amazed by reading your blog .DUI Lawyer in Fairfax

    BalasHapus

  2. It can be difficult to navigate the criminal justice system, but our attorneys are dedicated to offering unwavering support and direction at every turn. Our team is unwavering in its pursuit of justice, from the first consultation through courtroom representation, and we don't stop until we have built a strong defence for our clients.Criminal Defense Lawyer in Fairfax VA

    BalasHapus
  3. "Balibulaqiqah" presents a comprehensive guide to Aqiqah catering services in Malang, providing valuable insights into the cost and process of organizing this sacred Islamic ritual. With detailed information and transparent pricing, the blog offers clarity and convenience for families seeking to perform Aqiqah ceremonies in Malang. From traditional menu options to customizable packages, the catering services cater to diverse preferences and budgets. Whether planning a small family gathering or a larger celebration, "Balibulaqiqah" ensures a seamless and memorable Aqiqah experience for all. Explore this resource for expert guidance and assistance in organizing your Aqiqah ceremony in Malang.
    Domestic Violence Cases In New Jersey





    BalasHapus
  4. The tutorials on finding lost items offer clear, step-by-step guidance, making them accessible to a wide audience. To enhance usability, visual aids and real-life examples could be included, making them a helpful resource for misplaced belongings.
    mutual consent divorce maryland

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel