Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan



Scroll to top

PESAN AQIQAH DI MALANG ? PERHATIKAN 5 TIPS SEDERHANA INI


AQIQAH MALANG MURAH
Pesan Aqiqah Malang di Sini
Perkembangan teknologi memudahkan orang untuk melakukan ibadah termasuk aqiqah. Jadi jangan anggap kemajuan jaman ini sebagai bid`ah. Ingat, hukum memakai jasa penyedia aqiqah adalah halal.

Namun pada prosesnya mungkin saja menjadi haram. Jika misalnya,
Apa yang anda pesan tidak sesuai dengan perjanjian, daging ternyata tidak enak, ulet saat dimakan padahal janji awal akan di masak secara enak.
Maklum, emang lagi trend sekarang janji palsu.

Layanan aqiqah pun ikut-ikutan pemerintah, katanya tidak bakal naikin tarif listrik dan BBM, ujungnya naik juga. Ya begitulah Indonesia.

Kalau di Malang bagaimana, apa semua penyedia layanan aqiqah mengelola ibadah sunnah ini bisa dipercaya. Bukan sekedar menjanjikan berita hoax.

Ya karena masih masuk wilayah Indonesia, kejadian yang tidak sesuai harapan kerap saja terjadi. Bukan penipuan yang jelas tampak, seperti membawa lari uang pelanggan, tapi terselebung.

Contohnya : proses penyembelihan dan proses memasak tidak dilakukan dengan benar. Akhirnya, saat dimakan, besoknya membuat sakit perut, diare, muntah dan lain sebagainya.

Apabila mual-mual karena sedang hamil sih wajar, tapi kalau habis makan di acara kenduri aqiqah, ini patut dipertanyakan.

Dan tips sederhana ini bisa kalian perhatikan jika ingin pesan jasa aqiqah terutama di Malang.

5 Tips Memilih Layanan Aqiqah di Malang

1.     Cek langsung kambing ke lokasi apa dalam kondisi yang sehat dan layak kurban

Daging kambing yang sehat mempengaruhi cita rasa masakan. Selain itu, kita dilarang untuk menyembelih daging yang tidak sehat.

Kalau kambing tersebut cacat bagaimana ?

Berbeda dengan kambing Idul Adha yang tidak boleh dikurbankan dalam keadaan cacat. Untuk aqiqah, tidak ada ketentuan tentang perkara ini. Akan tetapi, sebaiknya memilih kambing yang sempurna.

Umumnya, anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Meski ini tidak mutlak. Artinya, apabila tidak mampu untuk membeli 2 ekor kambing pada kelahiran anak laki-laki, maka cukuplah menyembelih 1 ekor kambing saja.

Dan tanyakan pada penyedia jasa catering aqiqah apa jenis kambing serta cek langsung kondisinya.

Kambing yang sehat selalu bergerak aktif, tidak kurus dan tatapan matanya masih tajam. Tidak sayu.

2.     Minta sampel masakan yang biasa dijadikan aqiqah

Jika anda membeli paket aqiqah dalam jumlah yang besar, wajar kiranya untuk mengetahui kualitas dan cita rasa masakan yang akan disajikan. Anda tidak ingin membeli kucing di dalam karung.

Untuk itu, sebaiknya meminta sampel masakan yang biasa dijadikan aqiqah. Semisal sate dan gule.
Sate adalah resep masakan asli orang Jawa dan mudah ditemui di hampir seluruh daerah di Indonesia dengan rasa serta aroma yang berbeda. Ada Sate Madura yang disajikan dengan bumbu kecap. Ini  Sate yang paling sering kita temukan di pinggir jalan. Sementara, di Padang, sate disajikan dengan kuah kuning dengan rasa kari.

Di Malang sendiri, sate Madura lebih diminati untuk kenduri aqiqah baik dalam bentuk paket box, ataupun prasmanan.

3.     Pastikan anda mendapat masakan yang fresh
Kadang kala, pihak penyedia aqiqah mendapat pesanan dalam jumlah besar dengan jenis masakan yang beragam. Tentu sangat merepotkan.

Sering kali, mereka memasak daging kambing secara kolektif. Artinya pesanan anda dimasak bersama dengan pesanan yang lain dalam satu waktu padahal pelaksanaan aqiqah mungkin saja berselang satu hari dengan pemesan lain.

Akibatnya, paket aqiqah yang Anda terima nanti tidak fresh dan cepat basi.

Solusi terbaiknya adalah tanyakan dulu apa penyedia aqiqah sedang menerima banyak orderan. Jika nampak sudah terlalu ramai, anda bisa menunda proses pelaksanaan aqiqah barang 1 atau 2 minggu.

Apa tidak boleh aqiqah ditunda ? ya boleh saja.

Waktu pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ke tujuh pasca kelahiran bayi. Jika sudah terlewat maka dapat diadakan pada hari ke empat belas atau pada hari ke dua puluh satu. 

Hal ini sesuai dengan Hadits Baihaqi yang berbunyi :
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْعَقِيْقَةُ تُذْبَحُ لِسَبْعٍ وَ ِلاَرْبَعَ عَشْرَةَ وَ ِلاِحْدَى وَ عِشْرِيْنَ. البيهقى 9: 303

Dari ‘Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, dari Nabi SAW beliau bersabda, “‘Aqiqah itu disembelih pada hari ke-7, atau ke-14, atau ke-21 nya“. [HR. Baihaqi juz 9, hal. 303]

Bukan hanya itu, beberapa ulama juga menyebutkan jika seseorang boleh melaksanakan aqiqahnya sendiri saat ia dewasa.
Untuk mengantisipasi hal ini, silahkan pesan jasa aqiqah jauh hari sebelum si jabang bayi lahir.

4.     Pilih Prasmanan atau Kotak Box

Ada kelebihan dan kekurangan antara prasmanan dan memilih aqiqah dengan paket box. Untuk prasmanan, penyedia jasa seperti Balibul aqiqah malang menyediakan 7 paket berbeda yang bisa anda pilih sesuai dengan jumlah orang yang anda undang serta buget.

Paling kecil ada paket dengan 250 tusuk serta gule 50 Porsi. Cocok sekali untuk aqiqah anak perempuan atau anda hanya memiliki keluarga super kecil. Biaya paket ini hanya Rp 1.550.000. Yang paling tinggi ada paket 750 tusuk dan  Gule 150 Porsi yang membutuhkan biaya untuk memesan sejumlah : Rp 3.250.000. Ini cocok sekali untuk keluarga besar.

Kami juga menyediakan paket box. Ada dua jenis, yang standart dengan harga 9000 dan paket lengkap dengan harga 13.000. Pas sekali untuk acara aqiqah di panti asuhan, sekolah atau berbagi dengan kaum duafa.

5.     Cek Reputasi penyedia jasa aqiqah
Banyaknya penyedia aqiqah yang bermunculan di kota Malang atau Batu mungkin membuat anda ragu memilih yang mana. Dan sering kali pilihan akhirnya jatuh pada jasa aqiqah yang memberikan harga paling murah.

Jangan terkecoh dengan harga murah. Di lapangan, ada beberapa kasus dimana tempat layanan aqiqah tidak memberikan daging utuh. Pengertian utuh adalah daging kambing tidak dicampur dengan daging atau potongan dari hewan lain. Misalnya, daging kambing jawa kadang dicampur dengan daging domba atau biri-biri sebab harga biri-biri memang lebih murah.

Lalu apa harga mahal pasti jaminan kualitas ?

Ini ya belum tentu. Yang realistis saja, sesuai dengan fakta di lapangan bagaimana. Intinya anda bisa memastikan sendiri nilai uang yang kita keluarkan dibanding dengan harga. 

Seperti, 1 Kg daging kambing jawa bisa jadi berapa tusuk sate ? apabila 1 Kg menghasilkan 100 tusuk sate, dapat dipastikan jika tusukannya kecil-kecil. Standartnya anda bisa mengambil tengah-tengahnya, yaitu 1Kg menjadi 50 tusuk sate. Ini ukuran standart. Oleh sebab itu, berhenti percaya bila ada layanan aqiqah memberi 100 tusuk sate dengan harga di bawah 500 ribu. Sudah pasti anda dapat daging extra mini.


Oleh sebab itu, penting sekali untuk memilih layanan aqiqah yang terpercaya sejak lama. Balibul aqiqah sudah berdiri sejak 2006 dan sudah menyembelih 10 ribu kambing.

Kami banyak mendapat testimoni positif dari pelanggan bagaimana kualitas layanan yang kami sediakan.

Bagaimana cara pesan aqiqah di balibul malang

Mudah saja, anda cukup menghubungi nomor WA kami ke No.HP: 0822-4568-0558 atau Whatsapp Klik WA-0822-4568-0558. Anda akan langsung terhubung dengan customer service balibul aqiqah yang  super ramah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar